Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang sejarah Candi Prambanan. Mulai awal dibangun, mengalami keruntuhan, dipugar di era modern, sampai akhirnya mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagi salah satu warisan dunia. Selanjutnya, di artikel lini, kita akan membahas tentang Legenda Roro Jonggrang.  Bagi kalian yang belum tahu apa itu Legenda Roro Jonggrang, kami siap menjelaskannya kepada kalian. Namun, kalian akan mendapatkan kesan yang lebih mantap lagi  ketika mengikuti Paket Wisata Jogja murah di biro tour. Mengapa demikian??? Hal ini karena dengan mengikuti Paket Tour Jogja, kalian akan mendapatkan penjelasan lengkap dari guide anda sambil dihadapkan dengan situs sejarahnya langsung. Baiklah. Berikut ini ulasan mengenai Kisah Roro Jonggrang yang sudah sangat melegenda di DIY dan Jawa Tengah sejak dahulu.

Candi Roro Jonggrang

Hai, Sahabat Paket Wisata Jogja, sudah penasaran sekali nih dengan Kisah Roro Jonggrang??? Jadi, Sahabat Paket Wisata Jogja, keberadaan Candi Prambanan itu tidak bisa dilepaskan dari Kisah Roro Jonggrang, cerita rakyat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah. Dalam Kisah Roro Jonggrang, Candi Prambanan dibangun oleh seorang pangeran bernama Bandung Bondowoso dari Kerajaan Pengging sebagai syarat yang diajukan Putri Roro Jonggrang, putri Kerajaan Baka, jika Pangeran Bandung Bondowoso ingin menikahinya. Putri yang sejatinya tidak sudi dinikahi Bandung Bondowoso karena ia anggap telah membunuh ayahnya, Prabu Baka (sosok raksasa yang menjadi raja di Kerajaan Baka) dan menjajah negerinya itu, sengaja memberi syarat berat: membangun seribu candi dalam waktu satu malam agar tidak kesampaian. Namun, Bandung yang dibantu banyak jin berhasil membangun 999 candi sebelum fajar menyingsing.

undefined

Sahabat Paket Wisata Jogja, apakah menurut kalian Pangeran Bandung Bondowoso akhirnya bisa membangun seribu candi—mengingat candi yang dibangun hanya tinggal satu lagi??? Nah, ini kisah selanjutnya, Sahabat:

 Roro Jonggrang yang panik memerintahkan rakyatnya yang perempuan menumbuk padi, kaum lelaki mengarak hewan ternaknya ke padang rumput, dan ayam-ayam dibangunkan agar berkokok. Semua itu dilakukan sebagai upaya menciptakan kesan bahwa fajar telah tiba. Para jin yang takut akan cahaya matahari lantas lari lintang pukang meninggalkan pekerjaannnya.

Lalu, Roro Jonggrang menemui Bandung Bondowoso untuk melihat hasil pekerjaannnya. Karena tak sesuai harapannya, Bandung Bondowoso gagal meminangnya.

Hmmm. Lalu, apa ya yang terjadi ketika cinta Pangeran Bandung Bondowoso ditolak oleh Putri Roro Jonggrang??? Berikut kelanjutannya, Sahabat Paket Wisata Jogja.

Akhirnya Bandung Bondowoso menyadari bahwa malam belum berakhir. Roro Jonggrang telah melakukan tipu muslihat terhadapnya sehingga para jin yang membantunya lari karena ketakutan. Bandung Bondowoso marah dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi patung batu sebagai penggenap (dianggap sebagai candi yang keseribu) atas candi-candi yang ia buat. Patung batu yang diyakini sebagai jelmaan Roro Jonggrang ini sebenarnya tidak lain adalah patung Dewi Durga Mahisashuramardini, istri Dewa Siwa.

Nah, Sahabat Paket Wisata Jogja, itulah kisah si Putri Roro Jonggrang yang hendak dipinang oleh Pangeran Bandung Bondowoso, tetapi menolak. Hmmm. Bukan menolak juga sih, tapi memberikan persyaratan yang teramat berat. Kalau menurut Mimin sendiri sih, syarat yang diajukan itu agaknya tidak berat ya bagi Bandung Bondowoso mengingat dia berhasil membangun 999 candi. Hanya tinggal satu lagi. Hanya saja karena dicurangi oleh Roro Jonggrang, akhirnya gagallah si Bandung Bondowoso tersebut.

Sekarang, Mimin mau bertanya nih sama kalian semua, para Sahabat Paket Wisata Jogja. Menurut kalian sikap Putri Roro Jonggrang tersebut bijak nggak sih karena sudah berlaku curang??? Atau, dia berhak melakukan itu karena Bandung Bondowoso sendiri pun juga curang dengan menggunakan tenaga para jin??? Hmmm. Mimin juga bingung nih. Kalau Bandung Bondowoso dibilang curang, tapi kan nggak ada perjanjian juga antara dirinya dengan Roro Jonggrang apakah boleh menggunakan bantuan lain atau tidak. Syarat yang diajukan Roro Jonggrang pun juga tidak secara spesifik menyebut Bandung Bondowoso harus bekerja sendiri atau boleh dibantu oleh pihak lain.  https://www.royalindowisata.com/

Kemudian, kalau kita lihat, Roro Jonggrang sepertinya memang menggunakan segala cara agar dirinya tak dinikahi oleh Bandung Bondowoso ya, Sahabat Paket Wisata Jogja??? Menurut kalian gimana tuh??? Apakah menurut kalian sikap Roro Jonggrang tersebut sesuatu yang wajar atau dengan kata lain merupakan hak dia karena Bandung Bondowoso sudah menjajah negerinya dan membunuh ayahnya sehingga ia tak sudi dinikahi oleh lelaki yang sudah menghancurkan perasaannya tersebut???

    Paket Wisata 發表在 痞客邦 留言(0) 人氣()